Berita Lokal Indonesia

05/07/2024: Wet Test PIV yang Sukses di PLTA Asahan 3 Lot II

Proyek PLTA Asahan 3 Lot II mencapai tonggak penting dengan keberhasilan uji coba basah Penstock Inlet Valve (PIV) pada tanggal 8 Juni 2024. Proyek di Sumatera Utara dekat Medan ini diluncurkan di bawah kontrak tahun 2019.

ANDRITZ, pemimpin global dalam peralatan hidromekanis, menyediakan solusi komprehensif, termasuk 12 roller gate, enam rak sampah saluran masuk, mesin pembersih, penstock baja dengan percabangan, draft tube roller gate, kerekan, kayu penghenti, dan katup kupu-kupu berdiameter 5,3 meter.

Pembangkit listrik ini dimiliki oleh PT PLN (Persero) dan memiliki kapasitas 2 x 87 MW. Proyek ini bertujuan untuk meningkatkan infrastruktur pembangkit listrik tenaga air di Indonesia, yang menunjukkan komitmen ANDRITZ dalam memasok peralatan elektromekanis dan layanan siklus hidup "dari air-ke-kawat". Persiapan untuk uji coba PIV dimulai pada awal Juni dan menghasilkan uji coba satu hari yang sukses, menggarisbawahi komitmen proyek ini untuk memberikan manfaat bagi masyarakat Indonesia.

-------

03/07/2024: Malam Perayaan Ulang Tahun ke-20 EuroCham: Merayakan Kerjasama dan Inovasi

EuroCham merayakan Malam Hari Jadi ke-20 dengan megah di The St Regis Jakarta Hotel pada tanggal 19 Juni 2024.

© Eurocham Indonesia

Di antara para tamu undangan yang hadir adalah ANDRITZ Hydropower, yang diwakili oleh Bapak M. Sholeh Tasripan, Wakil Direktur Utama PT ANDRITZ Hydro, dan Bapak Edo Ronaldo, Business Development Manager PT ANDRITZ Hydro. Acara ini merupakan bukti dari dua dekade EuroCham dalam mempromosikan hubungan bisnis Eropa-Indonesia. Acara ini dihadiri oleh beberapa tokoh penting, termasuk Ketua EuroCham, Duta Besar Uni Eropa untuk Indonesia, dan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Indonesia, Bapak Airlangga Hartanto.

Setiap tokoh menggarisbawahi peran penting EuroCham dalam mempromosikan hubungan perdagangan dan investasi antara Uni Eropa dan Indonesia. Sebagai Silver Partner, ANDRITZ Hydro diberikan ruang iklan yang menonjol di depan ballroom. Hal ini memungkinkan mereka untuk memamerkan teknologi inovatif dan solusi berkelanjutan mereka serta mempromosikan kampanye "Untuk Perubahan", menyoroti komitmen mereka terhadap keberlanjutan dan visibilitas di industri ini. Malam Peringatan 20 Tahun merupakan perayaan dan refleksi atas kerja sama yang telah terjalin dengan baik dan visi untuk kemitraan di masa depan antara Indonesia dan komunitas bisnis Eropa.

-------

17/06/2024: Forum Energi Bersih Asia 2024: Menyoroti Solusi Pumped Storage Hydro

Forum Energi Bersih Asia 2024 di Manila menyoroti sesi “Memanfaatkan Penyimpanan Hidro Terpompa untuk Solusi Energi Berkelanjutan.” Dr. Josef M. Ullmer mewakili Hydropower sebagai Presiden Direktur, Eksekutif Regional Asia & Oceania. Sesi yang dimoderatori oleh Direktur Asian Development Bank (ADB) ini berfokus pada peran penting tenaga air dalam transisi energi bersih di Asia.

© The ADB Team

Dr. Josef M. Ullmer menekankan urgensi transisi energi, dengan mencatat bahwa sektor listrik dan industri menghasilkan sekitar 60% emisi CO2. Ia menekankan bahwa sumber daya terbarukan lokal cukup untuk mendorong transisi ini. Mengoptimalkan tenaga surya dan angin dengan penyimpanan jangka panjang seperti hidro yang dipompa dapat memungkinkan energi terbarukan 24/7 dan mendukung produksi hidrogen dan amonia hijau.

Dr. Josef M. Ullmer menyerukan percepatan proses persetujuan untuk proyek-proyek energi terbarukan dan perlunya pembedaan tarif listrik untuk stabilisasi jaringan. Beliau juga menyoroti pentingnya pemberian insentif untuk konservasi energi.

Panel yang terdiri dari para pemimpin dari berbagai latar belakang dan perusahaan ini membahas kebijakan dan pembiayaan yang diperlukan untuk mempromosikan pembangkit listrik tenaga air pumped storage. Sesi ini diakhiri dengan diskusi tentang prospek, menggarisbawahi potensi pumped storage dalam mencapai masa depan energi yang berkelanjutan.

-------

07/06/2024: Menyoroti Prospek Masa Depan di Forum Air Dunia ke-10 di Bali

Forum Air Dunia ke-10 di Bali menyoroti pembangkit listrik tenaga air yang berkelanjutan. Sesi “Meningkatkan Pembangkit Energi Terbarukan dari Air dan Air Limbah” dimoderatori oleh Asosiasi Tenaga Air Internasional (IHA), dimana ANDRITZ Hydropower diwakili oleh Dr Josef M. Ullmer, Presiden Direktur, Eksekutif Regional Asia & Oseania ANDRITZ Hydropower.

© ANDRITZ

Dr Josef M. Ullmer, bersama dengan para ahli dari PT Kayan Hydropower Nusantara (KHN), PT Indra Karya (Persero), Samsung Engineering, Pemerintah Prefektur Shiga, Jepang, dan Kemitraan Air Perancis, menekankan peran PLTA dalam mitigasi iklim. Sesi ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran, bertukar pengetahuan, dan mendorong rekomendasi kebijakan.

Dr Josef M. Ullmer menekankan peran penting PLTA dalam Skenario Pembangunan 2050, dengan menyoroti manfaat seperti perlindungan terhadap banjir dan kekeringan, pengelolaan air tawar, pertumbuhan ekonomi, penciptaan lapangan kerja, dan energi bersih. Beliau menekankan pentingnya fasilitas pembangkit listrik tenaga air hibrida dan penempatan bersama PV surya terapung dengan waduk pembangkit listrik tenaga air, dengan memperhatikan tren pemanasan di Asia dan potensi solusi energi yang inovatif.

Forum Air Dunia ke-10 menandai langkah signifikan untuk memanfaatkan sinergi antara air dan energi terbarukan, dengan ANDRITZ Hydropower berada di garis depan dalam percakapan inovatif ini.

-------

27/05/2024: Temukan Inovasi Hidro Pumped Storage Bersama Dr Josef M Ullmer di ACEF 2024

Forum Energi Bersih Asia (ACEF) 2024, yang akan diselenggarakan pada tanggal 3-7 Juni di Manila, akan membahas tantangan-tantangan energi global yang mendesak. Dengan tema "Mempercepat Transisi Energi Bersih dan Memastikan Keamanan dan Keterjangkauan Energi - Saatnya Bertindak Sekarang Juga," forum ini berfokus pada solusi inovatif untuk memenuhi kebutuhan mendesak akan investasi energi bersih.

© ANDRITZ

Dr Josef M Ullmer, Presiden Direktur, Regional Executives Asia dan Oceania PT ANDRITZ Hydro Indonesia, akan membawakan diskusi panel berjudul "Memanfaatkan Pumped Storage Hydro untuk Solusi Energi Berkelanjutan" pada hari Kamis, 6 Juni 2024. Sesi ini akan mengeksplorasi peran penting tenaga air dalam transisi energi bersih di Asia, khususnya potensi tenaga air penyimpanan dan pumped storage.

Negara-negara di Asia telah menetapkan target energi bersih yang ambisius, yang membutuhkan peningkatan fleksibilitas dalam sistem energi dan peningkatan penetrasi energi terbarukan. PLTA, sumber energi bersih yang telah lama ada, menghadapi tantangan terkait kesiapan proyek, perlindungan lingkungan dan sosial, serta pembiayaan. Sesi Dr Josef M Ullmer bertujuan untuk mempresentasikan pandangan yang ada tentang pumped storage hydro, berbagi pengalaman, dan mendiskusikan strategi untuk mempromosikan proyek-proyek semacam itu di Asia dan Pasifik. Sesi ini akan menekankan perlunya kebijakan yang sesuai dan lingkungan yang mendukung untuk memobilisasi modal publik dan swasta secara efektif.

Partisipasi Dr Josef M Ullmer menggarisbawahi komitmen yang kuat untuk memajukan energi terbarukan, khususnya tenaga air, yang memiliki potensi besar untuk masa depan energi yang berkelanjutan di kawasan ini.

-------

24/04/2024: Proyek PLTA Peusangan 2 Mencapai Tonggak Sejarah dengan Keberhasilan Pemasangan Spiral Case

Pemasangan selubung spiral di proyek PLTA Peusangan 2 merupakan sebuah pencapaian yang signifikan untuk energi terbarukan.

© ANDRITZ

Selama beberapa bulan terakhir, Unit 1 dan Unit 2 telah menjalani proses pemasangan yang sangat teliti. Unit 1 dipasang pada tanggal 21 Februari hingga 28 Maret 2024, sedangkan Unit 2 dipasang pada tanggal 12 Februari hingga 26 Maret 2024.

Peusangan 2 terletak di sepanjang Sungai Peusangan yang indah di dekat Danau Laut Tawar di Provinsi Aceh. Proyek yang dimiliki oleh PT PLN (Persero) ini dirancang oleh ANDRITZ Hydro Indonesia, meliputi turbin Francis vertikal, generator, dan switchyard 150 kV. Dengan hasil tahunan yang diharapkan sebesar 327 GWh, Peusangan 1 dan 2 merupakan langkah signifikan untuk memperkuat infrastruktur energi di wilayah ini dan membangun masa depan yang lebih hijau.

-------

15/04/2024: Hydro Apps Promo 2024

Selami lebih dalam dunia energi terbarukan dalam industri pembangkit listrik tenaga air dengan Aplikasi ANDRITZ HydroNews.

© Adobe Stock - ink drop

Teman Anda dalam jaringan yang menawarkan akses GRATIS untuk majalah daring, kabar baru seputar proyek PLTA di Indonesia, brosur dalam BERBAGAI BAHASA, serta berita kilat terbaru.

Unduh sekarang di Google Play dan Apps Store – Kunci Anda untuk selalu mendapat kabar terbaru, selalu ada, dan selalu mengglobal.

Tautan untuk unduh di Apple App-Store: ANDRITZ Hydro im App Store (apple.com)
Tautan untuk unduh di Android Play-Store: ANDRITZ Hydro - Apps on Google Play

-------

09/04/2024: Selamat Hari Raya Idul Fitri! Sukacita, damai dan keberkahan!

Semoga Idul Fitri kali ini memberikan Anda keberkahan, ketangguhan, dan keberlanjutan. Semoga Idul Fitri Anda penuh dengan sukacita dan keharmonisan yang baru.

Selamat Hari Raya Idul Fitri dari kami semua di PT ANDRITZ Hydro Indonesia.

-------

22/03/2024: Hari Air Sedunia 2024!

Hari ini, merupakan Hari Air Sedunia 2024, untuk menarik perhatian pada fakta bahwa lebih dari 2 miliar orang hidup tanpa akses ke air minum bersih, menyoroti pentingnya air bersih, dan mengadvokasi pengelolaan sumber daya yang berharga ini secara berkelanjutan.

© ANDRITZ

Air dapat menciptakan perdamaian atau memicu konflik. 

Dengan meningkatnya dampak perubahan iklim dan pertumbuhan penduduk, ada kebutuhan mendesak untuk bekerja di dalam dan di antara negara-negara untuk melindungi dan melestarikan sumber daya yang paling berharga ini.

Dari teknologi inovatif hingga inisiatif kolaboratif, individu, organisasi, dan pemerintah di seluruh dunia mengambil tindakan untuk melestarikan air, melindungi sumber air, dan mempromosikan akses yang adil. Bersama-sama, kita bekerja menuju masa depan yang lebih aman untuk generasi yang akan datang.
Air bukan hanya sumber daya yang digunakan dan diperebutkan - air adalah hak asasi manusia yang penting bagi setiap aspek kehidupan.

Pada Hari Air Sedunia ini, kita semua harus bersatu di sekitar air dan menggunakan air untuk perdamaian untuk meletakkan dasar bagi masa depan yang lebih stabil dan sejahtera.


Mari bersatu dan mengambil tindakan yang berarti untuk melestarikan dan melindungi sumber daya terpenting di planet kita. Selamat Hari Air Sedunia 2024! 💧 #HariAirSedunia

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.worldwaterday.org

-------

19/03/2024: "Perubahan tidak akan datang - Perubahan sudah ada di sini."

Kami tidak menunggu masa depan yang #keberlanjutan - kami menciptakannya sekarang.

Memberdayakan masa depan yang lebih hijau dengan Tenaga Air dan ANDRITZ memimpin!

ANDRITZ meningkatkan komitmennya terhadap solusi yang berkelanjutan, dengan fokus pada tenaga air untuk kemajuan dan efisiensi lingkungan. Melalui produk-produk inovatif dan prinsip-prinsip ESG, kami memberdayakan pelanggan untuk mencapai tujuan-tujuan keberlanjutan. Bergabunglah bersama kami dalam membentuk masa depan yang lebih baik: Untuk planet yang lebih hijau.

Pelajari lebih lanjut: https://www.andritz.com/for-the-change.

-------

13/03/2024: PT ANDRITZ Hydro Indonesia mengangkat diskusi pada Workshop di Universitas Diponegoro

Pada tanggal 1 Maret, Universitas Diponegoro menyelenggarakan workshop dengan Dr. Josef M. Ullmer, Presiden Direktur PT ANDRITZ Hydro Indonesia, sebagai pembicara utama.

© ANDRITZ

Dr. Josef M. Ullmer memikat lebih dari 100 peserta dengan keahliannya dalam "Mengubah Peran Aset PLTA untuk Stabilitas Jaringan dan Optimalisasi OPEX". Wawasannya sangat memicu diskusi yang menggugah di antara para mahasiswa dan fakultas dari berbagai latar belakang akademis. Edo Ronaldo, Manajer Pengembangan Bisnis, juga berbagi perspektif berharga tentang keterlibatan pemuda dalam industri pembangkit listrik tenaga air, menyoroti peran penting mereka dalam membentuk masa depan yang berkelanjutan.

Acara ini menunjukkan komitmen PT ANDRITZ Hydro Indonesia untuk berbagi pengetahuan dan kolaborasi serta menjadi preseden untuk upaya masa depan dalam memajukan solusi energi terbarukan.

-------

26/02/2024: PT ANDRITZ Hydro Menjadi Pembicara Utama dalam Seminar Pembangkit Listrik Tenaga Air Universitas Diponegoro

Semarang, 5 Februari 2024 - Seminar Pembangkit Listrik Tenaga Air Universitas Diponegoro pada tanggal 1 Maret 2024 akan menghadirkan PT ANDRITZ Hydro sebagai pembicara utama. Dr. Josef M. Ullmer, Presiden Direktur dan Eksekutif Regional untuk Asia dan Oseania akan membahas mengenai "Mengubah Peran Aset Tenaga Air untuk Stabilitas Jaringan dan Optimalisasi OPEX." Edo Ronaldo, Manajer Business Development, akan membahas perspektif anak muda dalam industri pembangkit listrik tenaga air.

© ANDRITZ

PT Brantas Energi juga akan berkontribusi pada relevansi seminar kali ini. Seminar dan pelatihan ini bertujuan untuk memberikan pengalaman langsung kepada mahasiswa teknik mesin dan mendorong kolaborasi antara akademisi dan industri. Sejalan dengan inisiatif nasional, hal ini menekankan pentingnya energi terbarukan untuk masa depan yang berkelanjutan.

-------

20/02/2024: Selamat datang di Dunia ANDRITZ Hydro!

Dengan pengalaman lebih dari 180 tahun, kami pelopor pembangkit listrik tenaga air global. Sejak tahun 1996, PT ANDRITZ Hydro di Indonesia telah memimpin proyek-proyek terbaik. 

© ANDRITZ

Kami dengan bangga meluncurkan halaman LinkedIn kami-pusat dinamis untuk tren dan pembaruan industri. Ikuti kami untuk membuat hari esok yang lebih hijau! Dampak global kami menjangkau lebih dari 50 negara, menampilkan inovasi tanpa henti. 


Bergabunglah dengan ANDRITZ Hydro saat kami mendefinisikan ulang energi berkelanjutan. 

Ikuti kami: https://www.linkedin.com/company/andritz-hydro-indonesia .

-------

09/02/2024: Menyambut Tahun Kelimpahan!

Saat bulan bersinar terang, memancarkan cahayanya yang lembut ke seluruh dunia, kami menyampaikan harapan terhangat kami di Tahun Baru Imlek ini!

© ANDRITZ

Semoga Tahun Naga membawa permadani berkah, kemakmuran, dan pemenuhan.

Seperti halnya lentera yang menerangi malam, semoga jalan Anda diterangi dengan kesuksesan dan peluang. Bersama-sama, mari kita lanjutkan perjalanan menuju tujuan dan pencapaian bersama, memupuk rasa persatuan dan persahabatan.

Semoga mendapatkan Tahun Baru Imlek yang penuh dengan tawa, cinta, dan janji awal yang baru.

PT ANDRITZ Hydro mengucapkan Selamat Tahun Baru Imlek!

-------

17/01/2024: Pelatihan Tenaga Kerja Berkelanjutan di Sektor HIjau Indonesia yang Terus Berkembang

PT ANDRITZ Hydro Prakarsai Kolaborasi dengan GFA Consulting Group melalui Proyek Renewable Energy Skills Development (RESD).

© ANDRITZ

Dalam perjalanan menuju energi yang lebih ramah lingkungan, Indonesia mulai beralih ke energi terbarukan. Baru-baru ini, komitmen yang jelas terhadap alternatif yang lebih bersih telah ditunjukkan, menandai momen penting dalam perjalanan pemanfaatan energi negara ini. Dalam aliansi strategis dengan GFA Consulting Group, sebagai pelaksana Proyek Proyek Renewable Energy Skills Development (RESD) yang didanai oleh Sekretariat Urusan Ekonomi Swiss SECO, PT ANDRITZ Hydro memulai untuk berinvestasi dalam kemitraan dan mengembangkan kerangka kerja baru untuk para profesional di bidang energi terbarukan, yang ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman pada tanggal 10 Januari 2024. Dr Josef M. Ullmer, Presiden Direktur dan Eksekutif Regional Asia Tenggara, Australia-Selandia Baru dan Oseania, sebagai perwakilan PT ANDRITZ Hydro, menggarisbawahi komitmen perusahaan untuk berinvestasi dalam kemitraan yang transformatif, memperkuat program-program energi terbarukan di berbagai politeknik negeri di Indonesia dan lembaga pelatihan Balai Pelatihan Vokasi dan Produktivitas (BPVP). Lebih lanjut, kemitraan ini menunjukkan dedikasi PT ANDRITZ Hydro untuk membentuk masa depan yang berkelanjutan dan memposisikan Indonesia sebagai pemimpin global dalam praktik energi yang lebih bersih.

Sejalan dengan Proyek RESD, komitmen PT ANDRITZ Hydro tidak hanya terbatas pada peningkatan kurikulum. Aspek praktis termasuk magang, kuliah tamu, perekrutan mahasiswa, dan acara bersama, yang menekankan hubungan antara sektor pendidikan dan industri. Lebih lanjut, Bapak Martin Stottele, Ketua Tim RESD, menyoroti pentingnya kolaborasi ini dalam meningkatkan kapasitas energi terbarukan di Indonesia. Inisiatif-inisiatif ini menjawab kebutuhan mendesak akan tenaga profesional yang terampil dan memperkuat respons strategis Indonesia terhadap lanskap energi yang terus berkembang, serta mengamankan posisi Indonesia di kancah global dalam praktik-praktik berkelanjutan.

-------


15/01/2024: PT ANDRITZ Hydro Perkuat Komitmen Terhadap Keamanan Informasi dengan Sertifikasi ISO 27001:2022.

Jakarta, December 2023 – PT ANDRITZ Hydro telah mendapatkan sertifikasi ISO 27001:2022 dari Bureau Veritas Indonesia, yang menegaskan kembali komitmen perusahaan yang tak tergoyahkan terhadap keamanan informasi, keamanan siber, perlindungan privasi, dan manajemen keamanan. Standar yang diakui secara global ini merupakan bukti dedikasi PT ANDRITZ Hydro dalam memastikan kerahasiaan, integritas, dan ketersediaan informasi yang berkesinambungan, di samping kepatuhan hukum yang ketat.

© ANDRITZ

Diberikan oleh Bureau Veritas, sertifikasi ISO 27001:2022 memposisikan PT ANDRITZ Hydro sebagai pelopor dalam mengadopsi dan mematuhi praktik terbaik internasional untuk keamanan informasi, keamanan siber, perlindungan privasi, dan manajemen keamanan.

Pencapaian PT ANDRITZ Hydro atas sertifikasi ISO 27001:2022 memperkuat komitmennya terhadap keunggulan dan menetapkan tolok ukur dalam industri ini untuk diikuti oleh perusahaan lain. Keamanan informasi, keamanan siber, perlindungan privasi, dan manajemen keamanan terus menjadi aspek penting dalam bisnis modern serta aset klien kami.

-------


11/12/2023: Memberdayakan Masa Depan: Proyek Peusangan 1 mencapai tonggak sejarah energi

Dalam Langkah penting untuk pengembangan energi Aceh, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan mencapai tonggak bersejarah pada hari Kamis, 2 November 2023. Keberhasilan energisasi Bay Line Arah Bireuen No. 1 & 2, Bay Line Arah Takengon No. 1 & 2, dan Gardu Induk (Switchyard) Bay Kopel 150 kV PLTA Peusangan Unit #1 telah secara signifikan meningkatkan keandalan listrik, khususnya di Kabupaten Aceh Tengah.

© ANDRITZ

Acara yang berlangsung di Switchyard PLTA Peusangan ini dihadiri oleh tokoh-tokoh penting di sektor energi. Nove Ardianto, Manajer PT PLN (Persero) UPP Sumbagut 2, memimpin acara yang diikuti oleh tim dari PT PLN (Persero) Pusertif, PT PLN (Persero) UIP3B Sumatera, PT PLN (Persero) UP2B Sumbagut, PT PLN (Persero) UPT Banda Aceh, dan perwakilan dari Kontraktor Andritz Hydro GmbH. Upaya kolaboratif dengan para insinyur India juga memainkan peran penting dalam pencapaian ini, yang semakin meningkatkan keahlian global proyek ini.

Keberhasilan ini menandai pencapaian yang signifikan bagi Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Peusangan, yang menerima penghargaan dari Hening Kyat Pamungkas, GM PLN UIP SBU, yang menyoroti diterimanya rekomendasi layak operasi dari proyek ini selama pengujian sistem kelistrikan.

Pada saat yang sama, PLTA Peusangan mencapai terobosan baru dengan mulai beroperasinya Switchyard No. 1 pada hari yang sama, menandai momen transformatif bagi sektor energi Indonesia, khususnya di wilayah utara Sumatera.

Berlokasi strategis di dekat Pelabuhan Lhokseumawe, Proyek Pembangkit Listrik Tenaga Air Peusangan terdiri dari dua pembangkit listrik tenaga air, Peusangan 1 dan Peusangan 2, dengan kapasitas pembangkit gabungan sebesar 88 MW. Pelaksanaan yang mulus dari energisasi Switchyard No. 1 menunjukkan kecakapan teknis dari tim proyek dan upaya kolaboratif yang mencakup masukan berharga dari para insinyur India.

Dukungan PT PLN yang tak tergoyahkan sangat penting dalam pencapaian ini, memfasilitasi transmisi dan distribusi daya yang efisien. Karena Peusangan 1 dan 2 memiliki kapasitas gabungan sebesar 88 MW, proyek ini akan memberikan dampak pada pasokan listrik di wilayah ini, memenuhi permintaan industri dan rumah tangga yang terus meningkat.

Ke depannya, pencapaian ini merupakan tonggak awal bagi pengembangan PLTA Peusangan yang sedang berlangsung, yang menandakan era yang menjanjikan bagi sektor kelistrikan di wilayah utara Pulau Sumatera. Kolaborasi yang sukses antara tim proyek, PT PLN, dan mitra internasional, termasuk para insinyur dari India, merupakan bukti komitmen mereka untuk memberikan energi listrik bagi masa depan Indonesia yang berkelanjutan.

-------

05/12/2023: Inovasi, Kolaborasi, dan Komitmen: Visi ANDRITZ Hydro untuk COP28 dan Selanjutnya

Saat kita mendekati COP28, ANDRITZ Hydro dengan bangga mendukung perjuangan melawan perubahan iklim dalam industri pembangkit listrik tenaga air. Berkomitmen untuk mencapai netralitas karbon melalui inovasi, kami adalah pemimpin pasar dunia untuk solusi pembangkit listrik tenaga air. Kami memberikan prioritas pada pelestarian ekosistem dan keterlibatan masyarakat dalam proyek-proyek kami karena kami menyadari pentingnya praktik bisnis yang bertanggung jawab dan tindakan global. Saat COP28 semakin dekat, kami dengan antusias berbagi kemajuan kami dan berkolaborasi dengan orang lain untuk menciptakan masa depan yang berkelanjutan.

© ANDRITZ

Mari kita bekerja sama untuk memperkuat dampak pembangkit listrik tenaga air dalam mengatasi perubahan iklim dan menjamin masa depan yang sadar lingkungan. Dengan fokus pada pembangkit listrik tenaga air kecil, kami berkontribusi pada tujuan Kesepakatan Paris, memastikan proyek-proyek kami menyediakan energi bersih dan berdampak positif pada masyarakat dan ekosistem lokal. ANDRITZ Hydro mengundang para pemangku kepentingan untuk bergabung dengan kami dalam perjalanan ini, menggabungkan upaya untuk membuka jalan menuju masa depan yang tangguh dan berkelanjutan. Bersama-sama, mari bentuk masa depan di mana pembangkit listrik tenaga air memimpin perjuangan dalam mengatasi tantangan iklim demi kebaikan generasi mendatang.

-------

09/11/2023: World Hydropower Congress 2023 – Berkumpul bersama komunitas pembangkit listrik tenaga air!

World Hydropower Congress 2023, yang diadakan di Indonesia, mempertemukan para pengambil keputusan utama, pakar energi, dan pemimpin industri dari komunitas pembangkit listrik tenaga air global. Lebih dari 300 organisasi dari 43 negara berpartisipasi dalam acara dua tahunan ini, yang berlangsung selama tiga hari dan menampilkan diskusi intensif dan berbagi pengetahuan.

© ANDRITZ

Kongres yang diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo ini memfasilitasi wawasan dan kontribusi para pejabat serta delegasi tingkat tinggi dari Indonesia dan berbagai negara lainnya. ANDRITZ juga meninggalkan jejak yang kuat di acara ini. Frederic Sauze, CEO ANDRITZ Hydro dan juga sekaligus anggota baru terpilih dari dewan International Hydropower Association (IHA), menyampaikan pidato pada pleno pembukaan. Kami memimpin sesi dan menyediakan panelis untuk sesi khusus dan stan kami berfungsi sebagai pusat diskusi dengan perwakilan dan kelompok tingkat tinggi dari lebih dari 30 negara. Sorotan khusus untuk ANDRITZ adalah acara Networking Dinner kami yang sukses, yang dihadiri oleh hampir 200 peserta.

Sebagai bagian dari jadwal resmi yang diselenggarakan oleh Asosiasi Pembangkit Listrik Tenaga Air Internasional (IHA), IHA dan ANDRITZ berkolaborasi mengatur kunjungan wisata ke Pembangkit Listrik Tenaga Air Cirata (8 x 126 MW), sehingga para peserta dapat melihat secara langsung pengoperasian pembangkit listrik tenaga air di wilayah tersebut. Acara ini nampaknya merupakan pertemuan penting bagi industri pembangkit listrik tenaga air, yang mendorong kolaborasi dan pertukaran ide dan pengalaman di antara para pemangku kepentingan global.

---------

19/10/2023: AUSTRIA CONNECT - The Austrian Business Conference in Southeast Asia

AUSTRIA CONNECT yang pertama kali diselenggarakan di Asia Tenggara berlangsung di Singapura pada tanggal 11 – 13 Oktober 2023 dengan tema "Asia Tenggara akan menjadi hijau!?".  Selain itu persoalan penting seputar topik "Ekonomi Sirkular" juga dibahas di acara tersebut.

© Advantage Austria

Diselenggarakan oleh Austrian Federal Economic Chamber’s Foreign Trade Centers yang berlokasi di Asia Tenggara, AUSTRIA CONNECT Asia Tenggara merupakan platform jaringan yang ideal bagi perusahaan-perusahaan Austria yang memiliki kepentingan bisnis di kawasan ini dan merupakan peluang sempurna bagi perusahaan-perusahaan yang sudah aktif dan tertarik untuk mengenal pasar dan para pemain penting.

Pidato pembukaan disampaikan oleh Dr. Harald Mahrer, Presiden Austrian Federal Economic Chamber, Dr. Elisabeth Kornfeind, Direktur Jenderal, Kementerian Federal Austria untuk Urusan Eropa dan Hubungan Internasional, dan Ms. Low Yen Ling, Menteri Negara Singapura, Kementerian Kebudayaan, Komunitas dan Pemuda & Kementerian Perdagangan dan Perindustrian.

Acara yang berlangsung selama tiga hari tersebut memberikan banyak kesempatan untuk berjejaring, bertukar ide dan membangun koneksi antara Asia Tenggara dan Austria. Selain program konferensi pada umumnya, lokakarya unggul yang menarik juga ditawarkan selama acara berlangsung.

Selain menjadi sponsor utama pada acara tersebut, ANDRITZ diwakili oleh Dr. Josef M. Ullmer, Presiden Direktur dan Eksekutif Regional Asia, Oceania – ANDRITZ Hydro, juga menjadi pembicara dari Panel IV dengan topik "Sustainable energy: A move towards net zero - How we can manage the energy transition".

ANDRITZ mempunyai kedudukan yang kuat di Asia Tenggara dan telah aktif di wilayah ini selama beberapa dekade sebagai pemasok peralatan dan layanan elektro- dan hidro-mekanis untuk pembangkit listrik tenaga air. Kami berkomitmen kuat terhadap transisi energi. Kami percaya pada masa depan yang hijau, bersih, dan berkelanjutan. Pembangkit Listrik Tenaga Air, sebagai penghasil energi terbarukan terbesar, memberikan kontribusi penting dalam mencapai target net-zero global.

-------

12/10/2023: Mendorong Pertumbuhan yang Berkelanjutan

Bergabunglah bersama kami di Bali untuk menghadiri acara World Hydropower Congress 2023

© ANDRITZ

Acara World Hydropower Congress 2023 akan berlangsung di Bali Nusa Dua Convention Center di Bali, Indonesia, dari tanggal 31 Oktober hingga 2 November 2023. Lebih dari 200 pembicara tingkat tinggi dari pemerintah, industri, keuangan, penelitian, dan masyarakat sipil diharapkan berpartisipasi dalam lebih dari 30 sesi. Acara ini akan membahas isu-isu utama seperti keamanan dan fleksibilitas energi bersih (PLTA pumped storage, inovasi, energi terbarukan yang bekerja sama, integrasi dan interkoneksi jaringan), mitigasi iklim, ketahanan dan adaptasi, penggunaan air, hubungan air-energi-pangan, keberlanjutan, kebijakan, keuangan, dan masih banyak lagi.

ANDRITZ selain menjadi anggota @International Hydropower Association, juga merupakan Mitra Pendukung acara World Hydropower Congress 2023. Anggota Dewan Eksekutif ANDRITZ GROUP dan CEO ANDRITZ Hydro, Frédéric Sauze akan berbicara pada Opening Plenary: Powering Sustainable Growth. Kami juga menjadi moderator pada sesi mengenai bagaimana PLTA dapat berkontribusi pada jaringan listrik yang fleksibel, stabil, dan rendah karbon dan partisipasi dalam dua sesi paralel lainnya yaitu Europe's Energy Security Crisis: The Global Lessons for Hydropower, dan Transforming the Hydropower Workplace for a Just Transition. Sesi ini akan mengeksplorasi peran penting PLTA dalam transisi energi dan bagaimana PLTA dapat mendukung agar lampu tetap menyala. Kami juga mengundang Anda semua untuk mengunjungi stan ANDRITZ untuk saling berbagi dan mendiskusikan ide-ide baru, tren terbaru, praktik terbaik, dan banyak lagi seputar industri pembangkit listrik tenaga air.

ANDRITZ adalah mitra penting dalam pengembangan pembangkit listrik tenaga air di kawasan ini dengan basis yang kuat di Indonesia selama beberapa dekade. Kami menantikan kehadiran Anda di kongres terpenting di dunia untuk pembangkit listrik tenaga air yang berkelanjutan! Selamat Datang!

Untuk informasi lebih lanjut dan pendaftaran, silakan klik di sini
https://www.worldhydropowercongress.org/about/2023-congress

-------

03/10/2023: Partisipasi ANDRITZ pada Nusantara Power Connect 2023 di JCC, Indonesia

ANDRITZ telah berpartisipasi untuk ke-8 kalinya pada NP Connect (dahulu adalah PJB Connect) yang diselenggarakan pada 11 – 12 September 2023 di Jakarta Convention Center (JCC) dengan tema “Strengthening the Base and Expanding the Business”.

© ANDRITZ

Sebagai salah satu partner strategis dari PT PLN Nusantara Power, ANDRITZ menghadiri undangan eksklusif Pertemuan Bisnis Tingkat Tinggi untuk membahas potensi kolaborasi dalam pemberdayaan teknologi baru pada Pembangkit Listrik Tenaga Air dan energi terbarukan.

Selain itu, dalam program konferensi, ANDRITZ juga berkontribusi memberikan presentasi yang sangat menarik, yang dibawakan oleh Mr. Matthias Strohal, Manajer Divisi Servis & Rehabilitasi, Kepala Operasi & Pemeliharaan, dengan judul “Empowering the Future: Hydropower and their Crucial Role in Intermittent Power Supply”.

Kami menyampaikan terima kasih atas kunjungan anda ke booth kami pada Nusantara Power Connect 2023. Kami sangat senang telah bertemu anda di booth kami!

-------

29/09 2023: Kesuksesan lainnya bersama Bukaka Group Indonesia - PLTM Merangin

Dengan ini kami umumkan bahwa pada tanggal 5 September 2023, konsorsium PT ANDRITZ Hydro, Indonesia dan ANDRITZ Hydro Private Limited, India menandatangani kontrak baru untuk pembangkit listrik tenaga mini hidro (PLTM) Merangin yang berlokasi di Provinsi Jambi, indonesia.

© ANDRITZ

Ini merupakan keberhasilan ketiga kalinya secara berturut-turut dengan Bukaka Group, setelah sebelumnya berhasil menyelesaikan PLTM Cikandang dan PLTM Cikaengan-1 masing-masing pada tahun 2021 dan 2022. PLTM Merangin terdiri dari unit Francis horizontal dengan kapasitas 3.199 MW dan akan memanfaatkan debit aliran PLTA Kerinci Merangin berkapasitas 350 MW yang juga dikembangkan oleh Bukaka Group.

Ruang lingkup kontrak ANDRITZ meliputi penyediaan paket turbin-generator beserta sistem kontrol. PLTM Merangin akan dieksekusi oleh tenaga ahli hidro kami yang terampil berasal dari lokasi ANDRITZ di India dan Indonesia.

Dengan penandatangan kontrak ini, ANDRITZ melanjutkan kontribusi aktifnya dalam pengembangan pembangkit listrik menggunakan tenaga air di Indonesia.

-------

20/02 2023: Peusangan 1 dan 2, Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam - Tonggak sejarah instalasi

Pada tanggal 6 Februari 2023, Stator pertama di PLTA Peusangan 1 telah berhasil diturunkan ke dalam generator pit.

© ANDRITZ

Peusangan 1 terdiri dari pembangkit listrik bawah tanah sedangkan Peusangan 2 memiliki pembangkit listrik permukaan. Keduanya merupakan pembangkit listrik tenaga air, terletak di Sungai Peusangan dan berdekatan dengan Danau Laut Tawar di wilayah tengah Provinsi Nanggroe Aceh Darussalam di barat laut Sumatera.
Lingkup pasokan ANDRITZ Hydro untuk Peusangan 1 dan 2 terdiri dari turbin Francis vertikal, generator, transformator, switchyard 150 kV, alat angkat (crane), dan alat bantu mekanis dan elektrikal yang komprehensif
Dengan hasil tahunan yang diharapkan sebesar 327 GWh energi listrik, Peusangan 1 dan 2 akan menjadi pembangkit listrik tenaga air besar pertama di wilayah ini. Dimulainya operasi komersial Peusangan 1 direncanakan pada awal tahun 2024.

Data Teknis
Peusangan 1 
Output: 2 x 23,1 MW / 2 x 26,5 MVA
Tinggi Jatuh Air: 205,3 m
Tegangan: 11 kV
Kecepatan Putar: 600 rpm
Diameter Runner: 1.200 mm

Peusangan 2:
Output: 2 x 22,0 MW / 2 x 25,3 MVA
Tinggi Jatuh Air: 187.7 m
Voltage: 11 kV
Kecepatan Putar: 600 rpm
Diameter Runner: 1.200 mm

-------

09/02 2023: Asahan 3, Sumatera Utara – Sukses Uji Test Tekanan Bifurkasi 

Pada 25 Januari 2023, Uji Tekanan Bifurkasi di Asahan 3, Indonesia telah berhasil diselesaikan.

© ANDRITZ

Proyek ini terletak di bagian hilir Danau Toba di Sungai Asahan arah tenggara kota Medan, Sumatera Utara, Pulau Sumatera.

Pada bulan September 2019, ANDRITZ menandatangani kontrak dengan perusahaan utilitas milik pemerintah PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) untuk mengerjakan peralatan hidromekanikal  di PLTA Asahan 3. Cakupan pekerjaan ANDRITZ terdiri dari 12 pintu jenis roller gate, enam rak penyaring sampah intake, satu mesin pembersih rak penyaring sampah intake, penstock baja dengan pipa percabangannya (bifurcation), dua pintu draft tube jenis roller gate, semuanya lengkap dengan alat angkat pintu pintu (hoist equipment) dan stop log, serta katup jenis kupu-kupu (butterfly valve) dengan diameter 5,3 m. Tim ANDRITZ Hydro internasional dari Austria dan Indonesia melaksanakan proyek ini bersama-sama. Penyelesaian dan kommissioning dijadwalkan pada bulan April 2024.


Penyerahan dan penandatanganan kontrak ini merupakan pencapaian luar biasa lainnya yang  berkontribusi pada kisah sukses ANDRITZ selama lebih dari satu abad ini berkiprah di Indonesia. Melanjutkan dedikasi dan keunggulan dalam penyediaan peralatan elektro-mekanis dan layanan menyeluruh “water to wire” untuk proyek pembangkit listrik tenaga air kepada seluruh masyarakat Indonesia

Spesifikasi Teknis Bifurkasi:
Diameter Inlet / Diameter Oulet: ID 5100 mm / ID 3800 mm
Bahan Bifurkasi / Ketebalan: S 460 ML / t=59 mm
Bahan Sickle / Ketebalan: S 460 ML-Z35 (anti lamella-tearing material) / t=80 mm
Berat Assembly (Termasuk Bulkheads untuk tes tekanan):    106.5 Ton
Tinggi Air Statik (Statik Head): 200.10 m
Tinggi air Desain (Design Head, termasuk water hammer):    241.10 m ( Design Pressure 23.64 bar)
Tes Tekanan Hydrostatis: Uji tes tekanan: 26 bar (1.1 x Design Pressure) 

  •  Rakitan Bifurkasi Untuk uji tekanan: Bifurkasi dirakit dengan bulkheads dan pipa inlet (upstream) ID 5100 and pipa outlet (downstream) ID 3800 mm dengan total berat rakitan 106.5 Ton
  •  Volume air yang dibutuhkan : Kurang lebih 306 m3

------- 

14/10 2022: PJB Connect 2022

Pada tanggal 4-6 Oktober 2022, PT ANDRITZ Hydro berpartisipasi dalam Pameran & Konferensi PJB CONNECT 2022 di JATIM International Expo Surabaya yang merupakan momen luar biasa bagi PT.

© ANDRITZ

Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) untuk merayakan kontribusi PJB untuk pembangkit energi listrik di Jawa-Bali bersama dengan para pemegang saham dan kontaktor asing.

Acara pembukaan dilakukan oleh Gubernur Jawa Timur Ibu Khofifah Indar Parawansa dan Bapak Ruly Firmansyah selaku Direktur PT. Pembangkitan Jawa-Bali yang kini telah berubah menjadi PT. PLN Nusantara Power. Kehadiran PJB Connect akan membawa sinergi yang baik antara perusahaan listrik, utilitas, akademisi, dan investor untuk lebih kuat menjembatani komunikasi yang sinergis dan merambah dimulainya proyek dan bisnis dalam skala besar. Hal ini merupakan wujud komitmen Indonesia sebagai bagian dari komunitas global dalam aksi mitigasi perubahan iklim untuk mencapai Net Zero Emission (NZE).

Country Manager Service & Rehab kami, Matthias Strohal dianugerahi sebagai 'The Best Advance Technology Presenter' selama acara tersebut. Kami bangga atas pencapaian Matthias yang menggarisbawahi dedikasi ANDRITZ Hydro untuk industri kelistrikan di Indonesia dan khususnya PT PLN Nusantara Power.

-------
 

27/09 2022: Pameran & Konferensi PJB CONNECT 2022

Pameran & Konferensi PJB CONNECT 2022 yang akan diselenggarakan pada tanggal 4 - 6 Oktober 2022 di JATIM International Expo Surabaya merupakan momen yang luar biasa bagi PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) untuk merayakan kontribusi PJB untuk pembangkit energi listrik di Jawa-Bali bersama dengan supplier dalam dan luar negeri.

© ANDRITZ

Tahun ini, pasokan dan jasa ANDRITZ Hydro untuk pembangkit listrik tenaga air terbesar di Indonesia, dengan total kapasitas terpasang 1.008 MW, telah dianugerahi penghargaan sebagai “Best Supplier and Services Award 2022” oleh PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkit Cirata.

Oleh karena itu ANDRITZ Hydro dengan bangga berpartisipasi dalam acara bergengsi ini dengan presentasi “Hybrid Operation of Floating Solar and Existing Hydro Power Plants and Off-river Hydro Pump Storage solutions to offset the intermittences of Solar and Wind” dan “Benefit of Big Data to Optimize Power Generation with focused Operation and Maintenance Activities”.

ANDRITZ Hydro sangat menantikan untuk menyambut Anda di stan pameran kami di B10 dalam interaksi tatap muka yang terlewatkan setelah pembatasan COVID-19, untuk membahas tren terbaru dari pembangkit listrik skala kecil hingga besar termasuk Pembangkit Listrik Tenaga Air Pump Storage serta penggunaan data besar untuk pemeliharaan preventif.

-------

26/08 2022: ANDRITZ Hydro Indonesia mendapatkan penghargaan “Supplier Terbaik” 2022 dari PJB Cirata

Tahun ini, jasa ANDRITZ Hydro untuk pembangkit listrik tenaga air (PLTA) terbesar di Indonesia, dengan total kapasitas terpasang 1.008 MW, diapresiasi oleh PT. Pembangkitan Jawa-Bali (PJB) Unit Pembangkit Cirata dengan menerima penghargaan “Supplier Terbaik”.

© ANDRITZ

ANDRITZ Hydro memasok sistem eksitasi HIPASE dan sistem proteksi elektrikal untuk unit yang tersisa. Setelah commissioning yang terakhir pada bulan November tahun ini, semua unit akan berjalan dengan sistem eksitasi dan proteksi HIPASE yang mutakhir.

ANDRITZ Hydro juga bangga telah berhasil melaksanakan perbaikan yang sangat kompleks dari 32 rotor pole unit no. 7 dalam waktu 25 hari di lokasi proyek pada tanggal 31 Juli 2022, yang sangat dibanggakan oleh seluruh tim.

Kami berterima kasih atas apresiasi keberhasilan kerjasama kami yang telah terjalin sejak lama dengan PJB, dalam memberikan peralatan mutakhir dengan kualitas terbaik dan terus mencapai kinerja yang luar biasa.

ANDRITZ Hydro berkomitmen untuk melanjutkan dedikasi dan keunggulan dalam memasok peralatan elektro-mekanikal dan pelayanan siklus hidup penuh dari "water-to-wire" untuk proyek pembangkit listrik tenaga air kepada semua pelanggan kami bagi kepentingan masyarakat Indonesia.

-------

17/08 2022: 77th Indonesian Independence Day 

PT ANDRITZ Hydro ingin menyampaikan ucapan selamat atas perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-77.

-------

01/08 2022: COD PLTMH Cikaengan 1

Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro (PLTMH) CIKAENGAN 1 dengan kapasitas mesin 3 x 1.748 MW berlokasi di Garut, Jawa Barat.

© ANDRITZ

PLTMH CIKAENGAN 1 memanfaatkan Sungai Cikaengan untuk menghasilkan energi listrik tenaga air terbarukan. Pada bulan Mei 2017, ANDRITZ menandatangani kontrak dengan PT. Petro Hidro Optima, anak perusahaan dari Kalla Group, untuk Desain, Manufaktur, Transportasi, Instalasi dan Komisioning Turbin, Generator, Electric Overhead Travelling (EOT) Crane, Peralatan Penunjang untuk Elektrikal dan Mekanikal, Proteksi & Otomasi untuk PLTMH Cikaengan 1.

Manajemen PT. Petro Hidro Optima dengan bangga menyampaikan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Cikaengan 1 telah berhasil mencapai Commercial Operations Date (COD) sesuai dengan yang direncanakan dan komitmen yang tertuang dalam kontrak Perjanjian Jual Beli Listrik. Oleh karena itu, mereka menyampaikan rasa terima kasih kepada ANDRITZ serta kepada tim proyek PT. Petro Hidro Optima yang telah bekerja sama secara konstruktif untuk mencapai target waktu pada masa yang penuh tantangan ini, bahkan selama pembatasan pandemi COVID-19.

Bapak Josef M. Ullmer, Presiden Direktur PT. ANDRITZ Hydro mengucapkan terima kasih kepada Manajemen PT. Petro Hidro Optima dan tim proyek Cikaengan 1 atas kerjasama yang sangat baik selama pelaksanaan proyek dan untuk pencapaian COD.

-------

Di bulan April 2022: Tantangan dan Peluang Pengembangan Tenaga Air

Majalah Listrik Indonesia bersama Indonesia Hydropower Association (INAHA), Asosiasi Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Air (APPLTA) didukung oleh PT Andritz Hydro menggelar virtual event bertajuk Accelerating Indonesia’s Energy Transition: Challenges and Opportunities for Hydro Power Development pada hari Rabu 20 April 2022).

© ANDRITZ

Dalam acara tersebut turut hadir sebagai pemberi sambutan yaitu Ketua Dewan Pakar Majalah Listrik Indonesia Herman Darnel Ibrahim, Direktur Jenderal Ketenagalistrikan KESDM, Rida Mulyana.

Selain itu, turut hadir pula sebagai pembicara antara lain; Nasri Sebayang Chairman of INAHA, Zulfan Zahar Chairman of APPLTA, Zainal Arifin EVP Engineering & Technology PT PLN (Persero), Nick Wright Senior Vice President Sarawak Energy, Stephan Garnier Lead Energy Specialist, Energy Program Coordinator for Indonesia and Timor Leste, M. Sofyan Vice Chairman INAHA dan Josef M. Ullmer President Director of PT Andritz Hydro.

Dalam Webinar tersebut, Nasri Sebayang mengatakan, pengembangan Pembangkit Listrik tenaga Air yang berkelanjutan (sustainable development) umumnya membutuhkan waktu yang cukup panjang yaitu melalui tahapan awal (Initial Stage) yang sudah dilaksanakan, Tahap Persiapan (Preparation Stage), Tahap Konstruksi (Implementation Stage) serta Tahap Operasi (Operation Stage) guna dapat menjawab tantangan-tantangan dari sisi aspek teknis, lingkungan, sosial, ekonomi dan pendanaan.

“Untuk itu maka saat ini sudah harus dimulai kegiatan persiapan dan implementasi pengembangan dan pembangunan Tenaga Air di Indonesia karena tahun 2030 pada dasarnya cukup singkat untuk dapat membangun PLTA sesuai target,” ujar Nasri.

Sementara itu, Zainal Arifin mengungkapkan, dalam RUPTL PLN 2021-2030 ada rencana penambahan PLTA/M/PS untuk mencapai 10,4 GW hingga tahun 2030. Untuk mencapai bauran energi 23% diperlukan penambahan 4,2 GW PLTA/M/PS secara bertahap dengan kebutuhan sistem. Ia menyebut, Pembangkit Hidro dalam tahap konstruksi Jatigede 110 MW, PLTA Peusangan 1-2 88 MW, Asahan III 174 MW dan PS Upper Cisokan 1040 MW.

Melihat potensi sebesar itu, Andritz Hydro turut mendukung proyek-proyek Pembangkit listrik tenaga air di Indonesia. Josef M. Ullmer menjelaskan beberapa proyek yang telah digarap ANDRITZ Hydro. ANDRITZ Hydro adalah salah satu pemasok peralatan elektromekanikal pembangkit listrik tenaga air terbesar didunia dengan pengalaman lebih dari 180 tahun dan telah membangun lebih dari 430.000 MW pembangkit tenaga air di seluruh dunia.

Hingga kini, PT ANDRITZ Hydro telah berkontribusi dalam pembangunan 36 PLTA dengan total kapasitas terpasang 2.300 MW, PLTMH dengan total kapasitas terpasang lebih dari 170 MW sebanyak 46 unit dan merehabilitasi lebih dari 350 MW baik PLTA maupun PLTMH. Pada tanggal 4 September 2019 yang lalu PT ANDRITZ Hydro telah menandatangani kontrak pembangunan PLTA Asahan 3 yang berkapasitas 2 x 87 MW untuk pekerjaan hidromekanikal (Penstock dan Gates).

Di samping itu, Zulfan Zahar menyoroti perkembangan PLTA di Indonesia. Menurutnya agar energi baru terbarukan EBT di Indonesia agar cepat berkembang, jadikan EBT sebagai prioritas, kemudian PLN wajib menggunakan EBT dalam perencanaan pembangunan, Tarif dengan pengembalian yang wajar, penunjukan langsung proyek, Feed in Tarif untuk kapasitas skala kecil. 

“Yang perlu diperhatikan lagi ialah terkait Power Purchase Agreement (PPA), pembiayaan yang Bankable, keadilan berbagi risiko dan BOOT sebagai opsi,” pungkas Zulfan.

-------

Di bulan April 2022: Penyerahan Lencana Kehormatan Atas Jasa kepada Republik Austria kepada Dr. Josef M. Ullmer, selaku Presiden Direktur PT. ANDRITZ Hydro Indonesia dan Wakil Presiden Senior Asia dan Oseania

Pada hari Jumat, 25 Maret 2022, perwakilan dari Kedutaan Besar Austria di Jakarta, Mr. Philipp Roessl BA, MAIS, menyematkan Lencana Emas Kehormatan yang diberikan oleh Presiden Republik Austria, HE Alexander van der Bellen kepada Dr. Josef M. Ullmer atas jasa-jasanya kepada Republik Austria.

© ANDRITZ

Selama Penerimaan Penghargaan tersebut Philipp Roessl menyoroti kontribusi Dr. Josef M. Ullmer dalam mempromosikan teknologi dan keahlian Austria di bidang pembangkit listrik tenaga air terhadap pemanfaatan sumber daya energi terbarukan yang berkelanjutan untuk pembangkit listrik yang bebas dari emisi karbon.

“Selama hampir 4 dekade karirnya yang panjang dengan Andritz, Dr. Josef M. Ullmer berhasil dengan dukungan kuat dari para koleganya di Austria dan Asia dalam desain, manufaktur, pasokan, instalasi dan commissioning lebih dari 28.000 MW pembangkit listrik tenaga air untuk banyak klien terkenal dunia di Asia dan Oseania – 2.863MW di antaranya telah dipasang di Indonesia saja – yang menghasilkan listrik bersih terbarukan dan lebih banyak lagi sedang dalam pembangunan.

Selain prestasinya di bidang energi terbarukan dan dalam usaha bisnisnya, Dr. Josef M. Ulmer juga memberikan keteladanan kegiatan sosialnya. Nilai-nilai sosialnya yang tinggi diekspresikan melalui kontribusi seperti penggalangan dana bagi mahasiswa S1 teknik sampai mereka lulus selama Krisis Keuangan di Asia pada tahun 1998, mendukung korban Tsunami tahun 2004, memberikan dana untuk rehabilitasi pecandu narkoba di Bhutan dan memberikan ambulan untuk sebuah pusat penampungan anak-anak penyandang cacat di Shimla, India.

Dr. Josef M. Ullmer adalah warganegara Austria yang luar biasa yang keberhasilannya diakui secara internasional yang memiliki kesadaran budaya, komitmen sosial dan gencar mempromosikan pengetahuan praktis dan keahlian Austria serta telah memperkuat citra Austria dan masyarakatnya di luar negeri. Dengan demikian ia telah bertindak sebagai Duta Merek dan Budaya Austria yang secara aktif meningkatkan reputasi Austria di luar negeri." kata Mr. Philipp Roessl.

Sementara itu dalam pidato balasannya, Dr. Josef M. Ullmer mengungkapkan rasa terima kasihnya dengan rendah hati atas Penghargaan dari pemerintah Austria ini sebagai pengakuan atas kerja keras dan komitmennya terhadap kesuksesan Austria.

“Kalau mau sukses harus punya komitmen, tapi komitmen dan kerja keras juga tergantung keadaan. Jadi perlu kombinasi kerja keras, keberuntungan dan peluang. Ada peluang yang diciptakan dan ada pula yang harus dicari. Banyak orang hanya mengingat kesuksesan, tetapi saya harus mengakui bahwa tugas pertama saya di Indonesia adalah menutup operasi kami dan keluar dari Indonesia. Jelas, saya gagal dalam penugasan pertama saya karena saya masih di sini dan telah menciptakan perusahaan Andritz yang kuat dan berkelanjutan di Indonesia dan banyak lagi di Asia dan Oseania dalam karir saya.

Ini semua tidak akan mungkin terjadi tanpa dukungan dari semua rekan-rekan saya yang memberikan kontribusi besar atas kesuksesan ini. Oleh karena itu, saya tidak pernah melupakan mereka serta pengertian saya dan keluarga yang mendukung untuk mewujudkan ini. Yang membantu saya berdiri ketika saya jatuh, yang mendukung saya terus menerus dan tanpa lelah.

Sangat penting untuk tetap positif terutama di masa-masa sulit dari jarak sosial berdasarkan Covid serta ketidakpastian konflik saat ini di Ukraina. Tetapi yang paling penting adalah menghentikan pemanasan global dan mempercepat transisi energi untuk mencapai emisi nol karbon bersih secepat mungkin.

Ini, tentu saja, selalu menjadi salah satu misi utama saya, yang dalam beberapa tahun terakhir menjadi semakin penting. Masalah perubahan iklim tidak dapat ditangani sendiri tetapi membutuhkan komitmen dunia.”

-------

Di bulan Berbaris 2022: ANDRITZ Indonesia memperoleh sertifikasi sistem Manejemen Aset ISO 55001

Standar ISO 55001 global telah menetapkan persyaratan untuk menjamin sistem manajemen aset yang bertujuan untuk memaksimalman kinerja dan mengurangi resiko.

© ANDRITZ

ANDRITZ memposisikan dirinya sebagai mitra kelas satu untuk mengoperasikan dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga air dan mengembangkan bisnis layanan ini selangkah lebih maju. Untuk mendukung dan pendekatan pasar saat ini, sertifikasi standar ISO 55001 untuk sistem manajemen aset O&M sedang diterapkan selangkah demi selangkah di seluruh dunia. 

Dengan meningkatnya permintaan untuk optimalisasi layanan operasi dan pemeliharaan pembangkit listrik tenaga air juga di India dan Asia Tenggara, ANDRITZ Hydro India dan ANDRITZ Hydro Indonesia telah berhasil menyelesaikan sertifikasi ISO 55001 Asset Management System (AMS). Pada bulan Desember tahun 2020 ANDRITZ Hydro Italy adalah lokasi pertama, telah berhasil disertifikasi. 

Dengan pusat pemantauan lokal, tim O&M Indonesia senang dan bangga melayani serta mengoptimalkan kinerja aset pembangkit listrik tenaga air klien kami dan meningkatkan pendapatan mereka. 

Indonesia memperoleh sertifikat ISO 55001.

-------

Di bulan February 2022: Minakami, Jepang – Perbaikan unit turbin Francis

Di akhir tahun 2021, ANDRITZ mendapatkan kontrak dari TEPCO Renewable Power, Inc. untuk perbaikan unit pembangkit Listrik Tenaga Air Minakami, yang terletak di sungai Tone di Prefektur Gunma, Jepang.

© ANDRITZ

Tujuan dari proyek ini adalah untuk mengganti turbin termasuk MIV, generator, unit tekanan tinggi dan sistem kontrol. Ruang lingkup kontrak terdiri dari desain, rekayasa, pengadaan, manufaktur, pasokan, pengawasan ereksi dan commissioning unit Francis 19,65 MW.

Turbin baru untuk unit pembangkit Minakami akan diproduksi di Ravensburg, Jerman sedangkan generator akan diproduksi oleh ANDRITZ di Bhopal, India. Tim ANDRITZ internasional dari Jerman, India dan Jepang akan melaksanakan proyek tersebut. Commissioning dijadwalkan untuk musim semi 2025.
Kontrak ini merupakan langkah penting untuk Compact Hydro dan ANDRITZ bangga menjadi bagian dari perbaikan ini. 

RINCIAN TEKNIS:
Output listrik: 21,4 MVA
Output mekanis turbin: 1 x 19,65 MW
Kepala: 127,41 m
Tegangan: 11 kV
Kecepatan: 375 rpm
Diameter pelari: 1510 mm

Di bulan February 2022: Cikaengan 2, Indonesia - Peroleh Sertifikat Serah Terima 

Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro CIKAENGAN 2 berkapasitas 2 x 3,65 MW yang terletak di Kabupaten Garut, Jawa Barat. Pembangkit listrik ini memanfaatkan Sungai Cikaengan untuk menghasilkan tenaga listrik terbarukan dan berkelanjutan.

Pada Desember 2016, ANDRITZ menandatangani kontrak dengan PT. Cikaengan Tirta Energi, anak perusahaan Nippon Koei Jepang untuk Desain, Manufaktur, Transportasi, Instalasi dan Komisioning Pipa Pesat, Pintu Air, peralatan Elektro-Mekanikal lengkap beserta dengan penunjangnya (Electrical and Mechanical Balance of Plant), komunikasi dan kontrol sistem proteksi dan eksitasi, termasuk 20kV Jalur Distribusi untuk evakuasi daya dan penggunaan sendiri.
Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Cikaengan 2 sukses memperoleh Sertifikat Serah Terima pada 25 November 2021!

Data Teknis: 
Output: 2 x 3.82 MW
Tinggi Jatuh: 101.55 m
Tegangan: 6.6 kV
Kecepatan: 750 rpm 
Diameter Runner: 780 mm

-------
 

Di bulan Januari 2022: Asahan 3, Indonesia – Manufaktur di lokasi Asahan 3 telah dimulai

Pada Oktober 2021, produksi pipa pesat di lokasi site untuk Asahan 3, Indonesia telah dimulai.

Proyek ini terletak di hilir Danau Toba di Sungai Asahan dan sebelah tenggara kota Medan, Sumatera Utara, Pulau Sumatera.

Pada bulan September 2019, ANDRITZ menandatangani kontrak dengan perusahaan milik negara PT. Perusahaan Listrik Negara (Persero) (PLN) untuk peralatan hidromekanikal dan pengerjaan logam di PLTA Asahan 3. Cakupan pekerjaan dan pasokan ANDRITZ terdiri dari 12 roller gate, enam trashrack, satu intake trash rack cleaning machine, pipa pesat baja dengan bifurkasi, dua draft tube roller gates, semuanya dengan hoist dan stop log, serta butterfly valve dengan diameter 5.3 M. Tim internasional ANDRITZ Hydro dari Austria dan Hydro Indonesia menjalankan proyek ini bersama-sama. Penyelesaian dan komisioning direncanakan pada Februari 2024.

Asahan 3 akan menambah total kapasitas 174 MW energi hijau terbarukan berkelanjutan ke jaringan transmisi PLN di Sumatera dan merupakan tonggak penting bagi pengembangan jaringan listrik regional Indonesia, menghasilkan listrik murah yang handal, dan menambah komitmen negara untuk meningkatkan pangsa energi terbarukan dalam total bauran energinya.

Kontrak pekerjaan ini merupakan pencapaian luar biasa lainnya dan kontribusi pada kisah sukses ANDRITZ selama lebih dari satu abad di Indonesia. Melanjutkan dedikasi dan keunggulannya dalam memasok peralatan elektro-mekanikal dan layanan siklus hidup penuh “from water-to-wire" untuk proyek pembangkit listrik tenaga air kepada semua pelanggannya untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

© ANDRITZ

-------

Di bulan Desember 2021: Kami berharap anda dan keluarga diberikan yang terbaik dalam perayaan dan tahun yang bahagia, sukses, penuh kegembiraan dan kesehatan di 2022!

-------

Di bulan Desember 2021: EBTKE ConEx 2021 – Webinar

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral Republik Indonesia EBTKE ConEx 2021 adalah acara yang didedikasikan untuk mendorong pertumbuhan dan pengembangan energi berkelanjutan di Indonesia untuk mencapai emisi nol bersih (net zero emission).

© ANDRITZ

Pembicara dalam diskusi panel ini diantaranya:

  • Mr. M. Riza Husni, Ketua Asosiasi Pengembang Pembangkit Listrik Tenaga Air (APPLTA), 'Government Role on Renewable Energy Development'
  • Mr. Nasri Sebayang, Ketua Indonesia Hydropower Association (INAHA), 'Hydro Power role and development strategy to support Indonesia Commitment on NCD'
  • Mr. M. Sofyan (INAHA) 'The role of hydro Pump Storage to support VRE penetration in energy transition era'
  • Mr. Nick Wright, Senior Vice President Sarawak Energy, 'Lesson Learnt from the development of Sarawak Score to establish  PT Kayan Hydropower Nusantara – and develop Mentarang River'.

Presiden Direktur PT ANDRITZ Hydro, Dr. Josef M. Ullmer mempresentasikan “Tantangan Transisi Energi dan Peran Tenaga Air untuk Mencapai Emisi Nol Bersih (Net Zero Emission) untuk Indonesia” pada 24 November 2021. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada EBTKE, semua pembicara dan juga kepada lebih dari 120 peserta webinar.

Semua orang menyadari bahwa dibutuhkan waktu berbulan-bulan untuk membangun pembangkit listrik tenaga surya tetapi butuh bertahun-tahun perencanaan dan pelaksanaan yang cermat untuk membangun pembangkit listrik tenaga air yang diperlukan untuk menambahkan energi terbarukan dari tenaga matahari dan angin yang tidak konstan ke dalam sistem. Oleh karena itu, kita harus mulai dari sekarang.

-------

Di bulan November 2021: ANDRITZ menghadiri webinar internasional: Indonesia and Korea Enhancing Special Strategic Partnership and Co-prosperity 

PT Andritz Hydro menghadiri webinar internasional: Indonesia and Korea Enhancing Special Strategic Partnership and Co-prosperity pada 9 November 2021 yang lalu.

Sumber: RMOL Network

© ANDRITZ

Acara ini diselenggarakan oleh Korean Center - RMOL Network. Pembicara pada acara tersebut adalah Bapak Erik Thohir, Menteri BUMN Indonesia, Bapak Park Tae-sung, Duta Besar Korea Selatan untuk Indonesia, Bapak Umar Hadi, Mantan Duta Besar Republik Indonesia untuk Korea Selatan dan Ibu Meutya Hafid, Ketua Komisi I DPR Republik Indonesia. Pertemuan ini juga dihadiri oleh Bapak Radames Gomez, Duta besar Venezuela untuk Indonesia, dan Bapak Josef M. Ullmer, Presiden Direktur PT. ANDRITZ Hydro.

ANDRITZ Hydro bangga dapat bekerja sama dengan perusahaan-perusahaan korea di Indonesia dalam bidang energi hijau terbarukan terkhusus pada pembangkit listrik tenaga air. ANDRITZ Hydro mampu menjadi equipment partner untuk proyek HEPP WAMPU (Korea Midland Power Co., Ltd.- KOMIPO) dan juga untuk proyek HEPP HASANG (PT Binsar Natorang Energi).

Kami menantikan proyek-proyek yang akan datang dan pengembangan sektor energi terbarukan di masa depan.

-------

Di bulan Agustus 2021: PLTA Hasang

PLTA Hasang memanfaatkan aliran air sungai Aek Kualu yang bermuara ke Danau Toba untuk menghasilkan listrik.

Hasang Hydroelectric Power Plant – Shaft Mounted Oil Pump (SMOP) Installation

© ANDRITZ

Pasokan listrik dari PLTA Hasang yang berkapasitas 3 x 17 MW akan memperkuat sistem kelistrikan di Sumatera, khususnya untuk wilayah Toba Samosir yang saat ini sedang dikembangkan menjadi salah satu tujuan wisata unggulan di Sumatera Utara. Dalam rangka mewujudkan energi terbarukan yang berkelanjutan, PT. PEN Indonesia telah mempercayakan ANDRITZ Hydro dengan proyek Hasang yang penandatanganan kontraknya dilakukan pada bulan Desember 2016. Dukungan pekerjaan yang berhasil diwujudkan oleh ANDRITZ Hydro dengan sukses dalam proyek ini antara lain mencakup pekerjaan elektro-mekanikal termasuk instalasi dan commissioning.

Sebagai perwujudan komitmen dan kerjasama yang baik dengan klien, pada tahun 2021 ANDRITZ Hydro memberikan pelayanan jasa Instalasi Shaft Mounted Oil Pump (SMOP) dalam proyek ini. Bahkan di tengah pandemi COVID-19 yang masih berlangsung, tim ANDRITZ Hydro tetap aktif dan melanjutkan instalasi serta commissioning dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan peraturan pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proyek dapat diselesaikan sesuai dengan target dan kepuasan pelanggan dapat tercapai dengan maksimal.

Hasang Hydroelectric Power Plant – Shaft Mounted Oil Pump (SMOP) Installation

© ANDRITZ

---------

PLTA Peusangan 1 & 2

Komplek PLTA Peusangan yang terdiri dari Peusangan 1 & 2 terletak di kawasan Silih Nara, Kabupaten Aceh Tengah. Pembangunan kedua PLTA ini direncanakan akan menghasilkan aliran listrik dengan total kapasitas 86 MW.

Peusangan Hydroelectric Power Plant – Switchyard Installation

© ANDRITZ

Meskipun pandemi Covid-19 masih berlangsung, tim ANDRITZ Hydro tetap aktif dan melakukan instalasi serta commissioning dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat sesuai peraturan pemerintah Republik Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan bahwa proyek dapat diselesaikan tepat waktu dan kepuasan PT PLN Persero sebagai pelanggan kami dapat tercapai secara maksimal.

Peusangan Hydroelectric Power Plant – Progress Inside the Powerhouse

© ANDRITZ

---------

Di bulan Juni 2021: Cikandang

© ANDRITZ

Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro CIKANDANG berkapasitas 3 x 2 MW yang berlokasi di Garut, Jawa Barat, memanfaatkan Sungai Cikandang untuk menghasilkan energi listrik tenaga air terbarukan yang berkelanjutan. Pada Januari 2019, ANDRITZ Hydro menandatangani kontrak dengan PT. Republika Mandiri Energi, anak perusahaan Kalla Group, untuk desain, manufaktur, suplai dan supervisi instalasi serta commissioning pada peralatan Turbin, Generator, EPS & SCADA untuk PLTA Cikandang dan dukungan penuh dalam konfigurasi mesin untuk PT. Republika Mandiri Energi.

Pada acara peresmian, Direktur PT. Republika Mandiri Energi, Bapak Teguh Wicaksana Sari dengan bangga menyampaikan bahwa Pembangkit Listrik Tenaga Mini Hidro Cikandang telah berhasil mencapai COD (Commercial Operation Date) sesuai dengan yang direncanakan & tertuang dalam kontrak Perjanjian Jual Beli Listrik. Oleh karena itu, ucapan rasa syukur dan terima kasih disampaikan kepada ANDRITZ Hydro dan juga Tim PT Republika Mandiri Energi yang secara konstruktif bekerja sama untuk mencapai target waktu yang penuh tantangan ini. Walaupun pembatasan diterapkan pada masa pandemi COVID-19, ANDRITZ Hydro tetap dapat mencapai COD tepat waktu.

Bapak Josef M. Ullmer, CEO PT. ANDRITZ Hydro dalam sambutannya di acara peresmian mengucapkan terima kasih kepada PT Republika Mandiri Energi atas kerjasama yang baik sehingga COD bisa terlaksana sesuai dengan kontrak melalui kinerja PT ANDRITZ Hydro yang baik dan juga penyediaan pembangkit listrik yang lengkap.

---------

Di bulan Juni 2021: Penghargaan Expart 2020 di berikan kepada Bapak Josef Ullmer selaku CEO dari ANDRITZ HYDRO Indonesia

© ANDRITZ

Bapak Josef Ullmer, Presiden Direktur ANDRITZ Hydro di Indonesia, menerima Penghargaan Expat Award dari Kamar Dagang Austria (Austrian Economic Chamber) untuk menghormati dedikasi dan kontribusinya selama setahun untuk pengembangan pembangkit listrik tenaga air di Asia dan Oseania.

Export Pizes Austria 2020 diberikan minggu lalu oleh Harald Mahrer, Presiden Kamar Dagang Austria (Austrian Economic Chamber), disaksikan oleh banyak penonton yang telah menonton secara digital. Sama seperti setiap tahun, perhatian publik sekali lagi tertuju pada eksportir terbaik Austria. Export Prizes menghargai keterlibatan dan kesuksesan luar biasa yang dicapai oleh perusahaan-perusahaan Austria di pasar internasional dalam enam kategori.

Expat Award diberikan kepada Josef M. Ullmer, Presiden Direktur ANDRITZ Hydro di Indonesia, dan juga sebagai MD dan CEO ANDRITZ Hydro India yang telah memainkan peranan penting dalam kesuksesan perusahaan di India dan Asia Selatan dari 2015 hingga 2019. Beliau juga bertanggung jawab atas pengembangan dan pertumbuhan bisnis ANDRITZ Hydro di Asia, Australia, dan Oseania. Segmen bisnis Hydro ANDRITZ telah menjadikannya penyedia terbesar di dunia di pasar pembangkit tenaga hidrolik dan renovasi pembangkit listrik serta penyedia suar teknologi yang inovatif.

Josef bersyukur menerima pengakuan bergengsi dari Kamar Dagang Austria (The Federal Economic Chamber Austria) dan mendedikasikan penghargaan ini kepada semua rekan yang mendukung di Austria, Asia dan Oseania, yang memungkinkan keberhasilan ekspor ANDRITZ Hydro yang berkelanjutan.

Pemenang penghargaan: https://lnkd.in/emr48mS

Kami mengucapkan selamat kepada Bapak Ullmer atas penghargaan ini dan berterima kasih atas pekerjaannya yang luar biasa untuk perusahaan kami dan pasar tenaga air (hydropower).
 

© ANDRITZ
© ANDRITZ
Kontak kami
PT. ANDRITZ HYDRO
Jl. Talang No. 3, Pegangsaan, Menteng
10320 Jakarta
Hubungi